Sekilas Info
Selasa, 23 Jul 2024
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI STAI BUMI SILAMPARI LUBUKLINGGAU, STAI BUMI SILAMPARI LUBUKLINGGAU MENERIMA MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Muhammad Yunus, Wakil Ketua III STAI Bumi Silampari Lubuklinggau Raih Gelar Doktor di UGM

Diterbitkan : - Kategori : News

STAIBSLLG.AC.ID. Muhammad Yunus, Wakil Ketua III STAI Bumi Silampari Lubuklinggau, telah berhasil meraih gelar Doktor dalam Program Doktor Filsafat di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan nilai sangat memuaskan, yaitu 3,85. Prestasi ini tertuang dalam Surat Keterangan Lulus Nomor 1551/UNI/FFI/PS.3/KM/2024 yang dikeluarkan oleh Fakultas Filsafat UGM pada tanggal 24 Juni 2024 dan ditandatangani oleh Dekan Dr. Rr. Siti Murtiningsih NIP 197112091997032001.

Dalam Surat Keterangan Lulus tersebut, disebutkan bahwa Muhammad Yunus telah dinyatakan lulus sebagai Doktor setelah mengikuti rapat Yudisium Fakultas Filsafat UGM pada tanggal 24 Juni 2024. Muhammad Yunus memiliki NIM 19/453391/SFI/00291. Kabar gembira ini telah dikonfirmasi oleh Muhammad Yunus kepada wartawan. Ia mengatakan, “Ya benar, saya telah mendapatkan Surat Keterangan Lulus sebagai Doktor dari Universitas Gadjah Mada.”

Muhammad Yunus dikenal sebagai seorang dosen dan Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di STAI Bumi Silampari. Ia juga merupakan alumni STAI Bumi Silampari pada jenjang Strata 1. Muhammad Yunus mengucapkan terima kasih kepada keluarga, civitas akademika STAI Bumi Silampari, promotor, penguji, serta civitas akademika Fakultas Filsafat UGM, dan semua pihak yang terlibat dalam menyelesaikan studi ini.

Disertasi Muhammad Yunus yang berjudul “Makna Konversi Agama Model Pemikiran Lewis Rambo bagi Penyempurnaan Diri Manusia” merupakan karya yang membuatnya berhak mendapatkan gelar Doktor. Dalam disertasinya, ia menjelaskan bahwa konversi agama adalah proses yang melibatkan perjuangan menjadi diri sendiri. Implikasinya adalah bahwa konversi agama harus dipandang secara proporsional mengingat bahwa konversi agama adalah manifestasi dari sifat dinamis manusia.

Muhammad Yunus telah menerbitkan beberapa tulisan yang telah diakui, antara lain: “Isu Aksiologi dalam Filsafat Ilmu Komunikasi” yang terbit di jurnal Khabar pada tahun 2020, “Sosialitas Manusia Perspektif Martin Buber dan Relevansinya dengan Nilai-nilai Pancasila” yang terbit di jurnal YAQZHAN pada tahun 2021, “Testing Of Stratified Cluster Sampling Technique To Produce Unbiased Estimator For Parameter Of Population” yang terbit di jurnal El-Ghiroh pada tahun 2018, “Anti Metafisika Dalam Epistemologi Immanuel Kant dan Kemungkinan Agama Sebagai Jalan” yang terbit di jurnal Khabar pada tahun 2020, “Strategi Komunikasi Humas Polres Musi Rawas Dalam Meningkatkan Citra Institusi Di Masyarakat” yang terbit di jurnal Khabar pada tahun 2023, “The Essence of Religious Conversion in the Perspective of Alfred North Whitehead’s Philosophy of Processes” yang terbit di International Journal of Cultural and Religious Studies pada tahun 2023, “Upaya Mengembangkan Model Profesionalisme Guru” yang terbit di jurnal Edification pada tahun 2023, “Tuhan Kaum Mistik: Kontribusinya Bagi Toleransi Ummat Beragama” yang terbit di jurnal El-Ghiroh pada tahun 2022, serta “Indeks Kerukunan Umat Beragama Kota Lubuklinggau Tahun 2019” yang terbit di jurnal Khabar pada tahun 2019, dan masih banyak tulisan lainnya.

Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan komitmen Muhammad Yunus dalam dunia akademik. Semoga gelar Doktor yang diraihnya dapat menjadi motivasi bagi civitas akademika STAI Bumi Silampari dan masyarakat Kota Lubuklinggau untuk terus berprestasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. (red)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar