Mahasiswa STAI BS Lubuklinggau ikuti Pembekalan Magang I, II, III

Lubuklinggau- setelah selesai Ujian Akhir Semester (UAS) semester Genap tahun akademik 2019/2020. Mahasiswa STAI bersiap untuk mengikuti Pembekalan Magang I, II, dan III untuk selanjutnya melakukan kegiatan Magang pada bulan Agustus 2020 mendatang. Pembekalan ini dilaksanakan di Aula STAI Bumi Silampari (13/7/2020) beralamat Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II KM. 7, Moneng Sepati, Lubuklinggau Selatan II, Moneng Sepati, Lubuk Linggau Sel. II, Kota Lubuklinggau dan dibuka langsung oleh Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) ibu Fitriyani, S.Pd.I., M.Pd.

Wakil Ketua I bidang Akademik STAI Bumi Silampari Lubuklinggau, Zainal Azman, M.Pd.I mengatakan bahwa pada tanggal 10 Agustus akan dilakukan penyerahan/pelepasan mahasiswa magang kepada sekolah tempat Magang para mahasiswa.
Selanjutnya bahwa untuk semester 2 melaksanakan magang I selama 2 Minggu dan target nya adalah mengenal memahami administrasi sekolah berdasarkan teori yang ada dengan praktek di lapangan. Misalnya mengenal buku mutasi siswa, buku induk, buku klapper, buku agenda surat, nomor surat serta mengenal persuratan di Sekolah, mengenal administrasi kepegawaian, dan praktek dalam pelaksanaan di lapangan.

Magang II beralih dalam kegiatan belajar mengajar, mulai dari absensi siswa, administrasi nilai, perangkat pembelajaran, dan waktu nya selama satu bulan. Diharapkan mahasiswa dapat langsung belajar dengan guru mata pelajaran terkait.

Selanjutnya adalah Magang III, yaitu praktek langsung kegiatan pengajaran, antara lain dengan apa yang dikenal dengan microteaching. Khusus dengan kondisi covid 19 ini, maka untuk magang III dilakukan di kampus dengan 6 kali pertemuan dengan waktu yang ditentukan. Magang III juga diikuti hanya bagi Mahasiswa yang sudah menyelesaikan ke-prodi-an dan telah mengikuti Magang I dan Magang II.

Fitriyani, S.Pd.I., M.Pd., selaku ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) juga menyampaikan bahwa
Di Magang I, mahasiswa belajar sambil praktek untuk mengetahui sarana dan prasarana sekolah, administrasi sekolah, struktur organisasi sekolah, dan lain-lainya pada Magang I. Magang I diikuti oleh mahasiswa semester 2, kemudian pada Magang II diikuti oleh mahasiswa semester 4 dan fokus pada tenaga pendidik dan memantapkan penyusunan awal dalam melakukan, kemudian pada Magang II sudah mulai pada penilaian dalam ranah instrumen psikomotorik, kognitif.

Sekarang perkembangan kurikulum mengalami pengembangan dan innovasi sehingga bagaimana para mahasiswa dapat langsung belajar dengan sekolah yang ada.

Pada Magang III, diikuti oleh Mahasiswa semester 3, dengan target pengajaran materi pembelajaran PAI di Sekolah.

Pasiska, MA., Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengatakan bahwa program ini harus dilakukan berurutan dimulai dari Magang I, Magang II, lalu baru bisa mengikuti program Magang III.