Sekilas Info
Senin, 24 Jun 2024
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI STAI BUMI SILAMPARI LUBUKLINGGAU, STAI BUMI SILAMPARI LUBUKLINGGAU MENERIMA MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Dosen STAI Bumi Silampari Lubuklinggau Berikan Motivasi Siswa MA Ittihadul Ulum Lubuklinggau dan SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau

Diterbitkan : - Kategori : News

DR Faizul Amiruddin, Dosen PAI STAI Bumi Silampari Lubuklinggau Berikan Motivasi Siswa Siswa MA Ittihadul Ulum Lubuklinggau pada Selasa, tanggal 16 Januari 2024.

“3 hal yang kita bawa Ketika kita nanti meninggal dunia” ujar DR Faizul Amiruddin mengawali seminar motivasi.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, dikutip dari kitab Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 3 oleh Imam an-Nawawi, dari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang Artinya: “Apabila anak adam (manusia) telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya darinya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya terus mengalir), ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang selalu mendoakannya.” (HR Muslim No. 1631).

“Sehingga sangat penting bagi kita terutama siswa untuk terus belajar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat sampai dengan akhir hayat” ujar DR Faizul Amiruddin.

Sementara itu, di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau, motivasi untuk siswa kelas XII mengambil tema “Menjadi Pemuda Masa Depan” dengan narasumber Nurlila Kamsi, M.Pd.I.

Nurlila Kamsi M.Pd.I mengawali seminar dengan mangajak siswa untuk mengenal diri nya terlebih dahulu.

Lalu diteruskan dengan menanyakan apa yang menjadi keinginan atau cita-cita para siswa dalam waktu dekat maupun jangka panjang.

Setelah menggali keinginan siswa, Nurlila Kamsi M.Pd.I., menguraikan langkah-langkah untuk mencapai tujuan dengan detail.

Bagaimana Merencanakan Pendidikan dan Karier, Mengelola Keuangan dengan Baik, Menjaga Kualitas Hidup, Mengembangkan Rencana Pendidikan dan Karier, dan pada akhirnya Rutin Mengevaluasi Diri.

“Menurut Imam al-Gazhali umur orang rata-rata adalah 60 tahun, dalam sehari waktu tidurnya sekitar delapan jam, berarti sepanjang hidupnya, dia telah tidur selama 20 tahun. Bagaimana dengan kita? Berapa waktu tidur yang kita gunakan dalam sehari? Sampaikah usia kita hingga 60 tahun? Atau lebih lama lagi? Atau malah maut menghampiri esok pagi? Banyak keinginan kita yang belum terealisasikan, masih banyak harapan, angan-angan dan impian, namun sayangnya masih banyak diantara kita melewati waktu luangnya hari ini hanya dengan berpangku tangan atau hanya bersenang-senang.” Ujar Nurlila Kamsi M.Pd.I yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Bumi Silampari Lubuklinggau.

Waktu akan terus berjalan, walaupun kita diam ditempat, waktu tidak akan kembali, walau kita berlari. Bumi akan tetap berputar mengelilingi matahari setiap detik, hingga menyebabkan waktu terus berjalan dari detik ke detik, ketentuan ini merupakan sunnatullah yang tak dapat dipungkiri. Begitu juga momen-momen berharga yang kita abaikan, tak dapat kita kembali lagi untuk menghadirinya, dan mengambil manfaat dan pelajaran berharga dari pertemuan.

Fitiyani, M.Pd., selaku ketua Prodi PAI STAI Bumi silampari yang juga ikut membersamai kegiatan motivasi mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada para siswa terutama kelas XII dalam mempersiapkan diri setelah lulus MA / SMA. “diharapkan hasil ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa sehingga ketika selesai MA/SMA sudah memiliki langkah atau tahapan berikutnya terutama dalam meneruskan studinya” tegas Fitriyani, M.Pd.***

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar